Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi PGMI
Visi
Visi: “Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, kompetitif, dan professional dalam menyelegarakan Tridharma pada jenjang pendidikan dasar MI di tingkat nasional dengan mengintegrasikan keislaman, dan keindonesiaan pada tahun 2032”.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berwawasan riset;
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan keilmuan untuk menghasilkan karya inovasi di bidang pendidikan;
- Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan pemberdayaan madrasah/sekolah;
- Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para sivitas akademika.
- Mengembangkan layanan berbasis teknologi informatika/ICT.;
- Mengembangkan jenjang dan kemitraan dengan berbagai lembaga nasional maupun internasional.
- Melaksanakan evaluasi kinerja kelembagaan secara berkelanjutan.
Tujuan
Menghasilkan sarjana pendidikan dasar tingkat Madrasah Ibtidaiyah / sekolah dasar yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD yang memiliki kompetensi yang terdiri dari:
- Kompetensi Pedagogik: Kepemilikan kompetensi ini diharapkan lulusan program studi menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan praktik pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SD/MI.
- Kompetensi Kepribadian: Kepemilikan kompetensi ini diharapkan lulusan program studi memiliki etos kerja yang produktif dan integrative sebagai sarjana pendidikan dasar tingkat Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar.
- Kompetensi Sosial: Kepemilikan kompetensi ini diharapkan lulusan program studi bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi pendidikan dan keguruan pada jenjang pendidikan dasar SD/MI, dan ikut terlibat dalam pembinaan dan pengembangan masyarakat.
- Kompetensi Profesional: Kepemilikan kompetensi ini diharapkan lulusan program studi menguasai keilmuan, mengembangkan materi secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pendidikan dan keguruaan pada jenjang pendidikan dasar SD/MI.
Sasaran
- menyelenggaraan pendidikan yang unggul, kompetitif, dan profesional ditingkat nasional dan internasional;
- Sasaran pelaksanaan penelitian terdiri dari penelitian mandiri, penelitian kerjasama dosen dan mahasiswa, penelitian kerjasama nasional antar program studi, penelitian kerjasama nasional antar perguruan tinggi, penelitian kerjasama nasional dosen dengan guru dan penelitian kerjasama internasional antara perguruan tinggi
- Sasaran pelaksanaan pengembangan Ilmu Keguruan meliputi: penguasaan pengetahuan keilmuan guru kelas, keterampilan pedagogik, dan praktek lapangan persekolahan;
- Sasaran pelaksanakan pengabdian kepada masyarakat meliputi: pembinaan guru madrasah, kemitraan dengan instansi / institusi pendidikan madarasah dan atau sekolah dasar, kegiatan program praktek profesi kependidikan terpadu pada madarasah/sekolah dasar;
- Sasaran penyelenggaraan sistem pengelolaan berbasis ICT meliputi: pengguanan ICT, penggunaan web prodi, dan institusi, penggunaan e-learning, e-book, e-journal dan fasilitas internet lainnya, sebagai media konsultasi, maupuan pembelajaran;
- Sasaran pengembangan kerjasama meliputi: kerjasama dalam bidang keilmuan pendidikan MI dan kerjasama dalam peningkatan kapasitas keterampilan mahasiswa dan dosen dengan Perguruan Tinggi lainnya.